Blog baguspedia.my.id

Analisis Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Analisis Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Puskesmas Seririt 1

Analisis Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Puskesmas Seririt 1

DAFTAR ISI - Buat sendiri ya gan, males ane ngetik :D




 BAB I
PENDAHULAUN

1.1 Latar Belakang
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disatu atau sebagian wilayah kecamatan. Puskesmas sebagai upaya pelayanan kesehatan strata pertama meliputi pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat dan kegiatan yang dilakukan puskesmas, selain dari intern sendiri tetapi juga perlu peran serta masyarakat dalam pengembangan kesehatan terutama dilingkungan masyarakat yang sangat mendasar, sehingga pelayanan kesehatan dapat lebih berkembang.
Puskesmas di bedakan menjadi 4 macam yaitu :
1.         Puskesmas tingkat Desa
2.         Puskesmas tingkat Kecamatan
3.         Puskesmas tingkat Kawedanan
4.         Puskesmas tingkat Kabupaten
Puskesmas Seririt 1 merupakan puskesmas yang berada di tingkat Kecamatan. Dan harapan penulis yaitu agar Puskesmas Seririt 1 selalu memberikan pelayanan yang prima yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public.

1.2 Rumusan Masalah
1.    Bagaimana landasan hukum pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
2. Apa maksud dan tujuan dari pelayanan publik di Puskesmas seririt 1 ?
3. Bagaimana dengan sistem dan prosedur pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
4. Apa saja persyaratan pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
5. Berapa besarnya biaya dari pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
6. Bagaimana dengan waktu penyelesaian pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
7. Apa saja hak dan kewajiban para pemberi dan penerima pelayanan publik di puskesmas seririt 1?
8. Siapa pejabat yang menerima pengaduan pelayanan dari masyarakat di puskesmas seririt 1 ?

1.3 Tujuan
1.      Untuk mengetahui petunjuk pelakasanaan penyelengaraan pelayanan public di Puskesmas seririt
2.      Untuk mengetahui  pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public di puskesmas seririt 1 apakah berkategori baik atau buruk dalam pelaksanaanya.

1.4 Manfaat
1. Agar dapat mengetahui bagaimana petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public di Puskesmas Seririt 1.

2. Penilitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.









BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pelayanan Publik
Menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/Kep/M.PAN/7/2003 tanggal 10 Juli 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.2 Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik

Petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik sekurang-kurangnya memuat :
1. Landasan Hukum pelayanan Publik
Peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar penyelenggaraan pelayanan.

2. Maksud dan tujuan pelayanan Publik
Hal-hal yang akan dicapai dari penyelenggaraan pelayanan.

3. Sistem dan prosedur pelayanan public
Sistem dan prosedur dari pelayanan public yang dilaksanakan.

4. Persyaratan pelayanan public
Persyaratan teknis dan administratif harus dipenuhi oleh masyarakat penerima pelayanan

5. Biaya pelayanan public
Besaran biaya dan rincian biaya pelayanan publik

6. Waktu penyelesaian
Jangka waktu penyelesaian pelayanan publik

7. Hak dan Kewajiban
Hak dan kewajiban pihak pemberi dan penerima pelayanan publik.

8. Pejabat penerima Pengaduan pelayanan Publik
Penunjukan pejabat yang menangani pengaduan pelayanan publik.





BAB III
METODE PENGUMPULAN DATA

2.1  Metode Penelitian

1. Objek yang diteliti
Objek pada penelitian ini adalah Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik yang ada di Puskesmas Seririt 1

2. Subyek yang diteliti
Subyek dalam penelitian ini adalah Puskesmas seririt 1 yang terletak di Jl. Jendral Sudirman No.51 Seririt, kabupaten buleleng, provensi Bali (Kode Pos 81153)

2.2  Teknik Pengumpulan Data
1.      Wawancara, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan Tanya jawab langsung antara pencari data (Peneliti) terhadap narasumber.
2.      Observasi, yaitu cara pengumpulan data dengan pengamatan langsung terhadap suatu objek dan mengadakan pencatatan tentang hal-hal tertentu yang diamati.

2.3  Teknik Analisa Data
Teknik menganalisa data pada penelitian ini adalah dengan cara membandingkan antara Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Seririt 1 dengan teori Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik.

2.4  Tempat dan Waktu Pengambilan Data
1. Nama Tempat : Puskesmas Seririt 1
Alamat : Jl. Jendral Sudirman No.51 Seririt, kabupaten buleleng, provensi Bali (Kode Pos 81153)
Telp. : +62 362 92305

2. Waktu Pengambilan Data : Kamis, 10 maret 2015






BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Hasil dan Pembahasan
            Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui mengenai petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public yang ada di puskesmas seririt 1. Dari penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa petunjuk pelaksanaan pelayanan di puskesmas seririt 1 sudah cukup baik dengan rincian table dibawah ini :

Tabel 1. Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Puskesmas Seririt 1.
DASAR
TERSEDIA
URAIAN
YA
TDK
Dasar Hukum
+

KEPMENKES NO. 128 Thn. 2009 tentang kebijakan dasar puskesmas.
Maksud dan tujuan
+

Dalam pelayanan public kesehatan ini diharapkan terciptanya masyarakat yang sehat.
Sistem dan prosedur
+

Pasien yang datang harus membawa Kartu Tanda Peserta, jika belum memilikinya pasien harus membuat terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Setelah itu pasien harus mengambil nomor antrian, kecuali yang keadaan gawat darurat bisa langsung ke poli umum.
Persyaratan
+

Untuk kunjungan pertama kali pasien harus membuat Kartu Tanda Peserta dengan mingisi formulir yang telah disediakan. Kartu Tanda Peserta tersebut harus dibawa untuk kunjungan berikutnya. Bagi pasien  penggunalayanan ASKES harus membawa kartu ASKES dan bagi pasien pengguna layanan Masyarakat Miskin harus membawa JAMKESMAS.
Biaya Pelayanan
+

Biaya pelayanan tergantung dari penyakit dan harga obat. Bagi pengguna layanan ASKES dan JAMKESMAS biaya gratis.
Waktu Penyelesaian
+

Waktu penyelesaian terbilang cepat karena puskesmas seririt 1 memiliki 38 orang pegawai, 3 orang dokter, 9 orang perawat, dan 11 orang bidan.
Hak dan Kewajiban
+

Pasien memiliki hak untuk mendapatkan
Pengaduan

+
Pasien yang ingin mengadu silakan datang langsung ke Puskesmas seririt 1 dan menemui petugas yang ada. Namun bulum ada kepastian siapa yang menerima pengaduan tersebut.

Tabel 2. Kategori pelayanan.
DASAR
Kategori
URAIAN
baik
buruk
Dasar Hukum
+

Sudah memiliki dasar hukum yang berlaku
Maksud dan tujuan
+

Sudah jelas maksud dan tujuan dari pelayanan tersebut
Sistem dan prosedur
+

Sistem dan prosedur sudah jelas dan sudah dijalankan dengan baik
Persyaratan
+

Tidak memberatkan dan mempersulit masyarkat yang ingin berobat dan sebagainya
Biaya Pelayanan
+

Sangat terjangkau dan bagi pemilik pelayanan ASKES dan JAMKESMAS biaya pelayanan gratis
Waktu Penyelesaian
+

Cepat dan tidak terlalu lama menunggu antrian. Karena memiliki para medis yang lumayan banyak.
Hak dan Kewajiban
+

Sudah dilaksanakan dan sudah diterpakan
Pengaduan

+
Belum ada kepastian dan kejelasan siapa yang menerima pengaduan dari masyarakat/pasien tersebut.






BAB V
PENUTUP
5.2 Kesimpulan
Bahwa Puskesmas seririt 1 telah menerapkan dengan cukup baik petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public. Semua komponen petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan public telah dijalankan kecuali di komponen Pejabat penerima pengaduan pelayanan public disana kurang jelas siapa yang menerima pengaduan dari masyarakat.

5.2 Saran
bahwa puskesmas seririt 1 adalah pusat kesehatan yang berada disekeliling masyarakat yang strata pertama sehingga seharusnya selalu menjaga dan menerapkan petunjuk penyelenggaraan pelayanan public yang telah ditetapkan dengan baik.





Daftar Pustaka




Translate