Analisis Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Puskesmas Seririt 1
PENDAHULAUN
1.1 Latar Belakang
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung
jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disatu atau sebagian wilayah
kecamatan. Puskesmas sebagai upaya pelayanan kesehatan strata pertama meliputi
pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat dan kegiatan
yang dilakukan puskesmas, selain dari intern sendiri tetapi juga perlu peran
serta masyarakat dalam pengembangan kesehatan terutama dilingkungan masyarakat
yang sangat mendasar, sehingga pelayanan kesehatan dapat lebih berkembang.
Puskesmas di bedakan menjadi 4
macam yaitu :
1. Puskesmas tingkat Desa
2. Puskesmas tingkat Kecamatan
3. Puskesmas tingkat Kawedanan
4. Puskesmas tingkat Kabupaten
1. Puskesmas tingkat Desa
2. Puskesmas tingkat Kecamatan
3. Puskesmas tingkat Kawedanan
4. Puskesmas tingkat Kabupaten
Puskesmas Seririt 1 merupakan
puskesmas yang berada di tingkat Kecamatan. Dan harapan penulis yaitu agar
Puskesmas Seririt 1 selalu memberikan pelayanan yang prima yang sesuai dengan
petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan
pelayanan public.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana landasan hukum pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
2. Apa maksud dan tujuan dari pelayanan publik di Puskesmas seririt 1 ?
3. Bagaimana dengan sistem dan prosedur pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
4. Apa saja persyaratan pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
5. Berapa besarnya biaya dari pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
6. Bagaimana dengan waktu penyelesaian pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
7. Apa saja hak dan kewajiban para pemberi dan penerima pelayanan publik di puskesmas seririt 1?
8. Siapa pejabat yang menerima pengaduan pelayanan dari masyarakat di puskesmas seririt 1 ?
2. Apa maksud dan tujuan dari pelayanan publik di Puskesmas seririt 1 ?
3. Bagaimana dengan sistem dan prosedur pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
4. Apa saja persyaratan pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
5. Berapa besarnya biaya dari pelayanan public di puskesmas seririt 1 ?
6. Bagaimana dengan waktu penyelesaian pelayanan public di Puskesmas seririt 1 ?
7. Apa saja hak dan kewajiban para pemberi dan penerima pelayanan publik di puskesmas seririt 1?
8. Siapa pejabat yang menerima pengaduan pelayanan dari masyarakat di puskesmas seririt 1 ?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui
petunjuk pelakasanaan penyelengaraan pelayanan public di Puskesmas seririt
2.
Untuk
mengetahui pelaksanaan penyelenggaraan
pelayanan public di puskesmas seririt 1 apakah berkategori baik atau buruk
dalam pelaksanaanya.
1.4 Manfaat
1. Agar dapat mengetahui bagaimana petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public di Puskesmas Seririt 1.2. Penilitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Menurut Keputusan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/Kep/M.PAN/7/2003 tanggal 10 Juli 2003
tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik adalah
segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik
sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana
ketentuan peraturan perundang-undangan.
2.2 Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik
Petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik sekurang-kurangnya memuat :
1. Landasan Hukum pelayanan Publik
Peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar penyelenggaraan pelayanan.
2. Maksud dan tujuan pelayanan Publik
Hal-hal yang akan dicapai dari penyelenggaraan pelayanan.
3. Sistem dan prosedur pelayanan public
Sistem dan prosedur dari pelayanan public yang dilaksanakan.
4. Persyaratan pelayanan public
Persyaratan teknis dan administratif harus dipenuhi oleh masyarakat penerima pelayanan
5. Biaya pelayanan public
Besaran biaya dan rincian biaya pelayanan publik
6. Waktu penyelesaian
Jangka waktu penyelesaian pelayanan publik
7. Hak dan Kewajiban
Hak dan kewajiban pihak pemberi dan penerima pelayanan publik.
8. Pejabat penerima Pengaduan pelayanan Publik
Penunjukan pejabat yang menangani pengaduan pelayanan publik.
BAB III
METODE PENGUMPULAN DATA
2.1
Metode Penelitian
1. Objek yang diteliti
Objek pada penelitian ini adalah Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik yang ada di Puskesmas Seririt 1
2. Subyek yang diteliti
Subyek dalam penelitian ini adalah Puskesmas seririt 1 yang terletak di Jl. Jendral Sudirman No.51 Seririt, kabupaten buleleng, provensi Bali (Kode Pos 81153)
2.2
Teknik Pengumpulan Data
1. Wawancara,
yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan Tanya jawab
langsung antara pencari data (Peneliti) terhadap narasumber.
2. Observasi,
yaitu cara pengumpulan data dengan pengamatan langsung terhadap suatu objek dan
mengadakan pencatatan tentang hal-hal tertentu yang diamati.
2.3
Teknik Analisa Data
Teknik
menganalisa data pada penelitian ini adalah dengan cara membandingkan
antara Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Publik yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Seririt 1
dengan teori Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan
Penyelenggaran Pelayanan Publik.
2.4
Tempat
dan Waktu Pengambilan Data
1. Nama Tempat : Puskesmas Seririt 1Alamat : Jl. Jendral Sudirman No.51 Seririt, kabupaten buleleng, provensi Bali (Kode Pos 81153)
Telp. : +62 362 92305
2. Waktu Pengambilan Data : Kamis, 10 maret 2015
BAB
IV
PEMBAHASAN
4.1 Hasil dan
Pembahasan
Penelitian yang
dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui mengenai petunjuk pelaksanaan
penyelenggaraan pelayanan public yang ada di puskesmas seririt 1. Dari penelitian yang
telah dilaksanakan ditemukan bahwa petunjuk pelaksanaan pelayanan di puskesmas
seririt 1 sudah cukup baik dengan
rincian table dibawah ini :
Tabel 1. Petunjuk Pelaksanaan
Penyelenggaran Pelayanan Publik yang
dilakukan oleh Puskesmas Seririt 1.
DASAR
|
TERSEDIA
|
URAIAN
|
|
YA
|
TDK
|
||
Dasar Hukum
|
+
|
KEPMENKES NO. 128 Thn. 2009
tentang kebijakan dasar puskesmas.
|
|
Maksud dan tujuan
|
+
|
Dalam pelayanan public kesehatan
ini diharapkan terciptanya masyarakat yang sehat.
|
|
Sistem dan prosedur
|
+
|
Pasien yang datang harus membawa Kartu
Tanda Peserta, jika belum memilikinya pasien harus membuat terlebih dahulu
dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Setelah itu pasien harus
mengambil nomor antrian, kecuali yang keadaan gawat darurat bisa langsung ke
poli umum.
|
|
Persyaratan
|
+
|
Untuk kunjungan pertama kali
pasien harus membuat Kartu Tanda Peserta dengan mingisi formulir yang telah
disediakan. Kartu Tanda Peserta tersebut harus dibawa untuk kunjungan
berikutnya. Bagi pasien
penggunalayanan ASKES harus membawa kartu ASKES dan bagi pasien
pengguna layanan Masyarakat Miskin harus membawa JAMKESMAS.
|
|
Biaya
Pelayanan
|
+
|
Biaya pelayanan tergantung dari
penyakit dan harga obat. Bagi pengguna layanan ASKES dan JAMKESMAS biaya
gratis.
|
|
Waktu Penyelesaian
|
+
|
Waktu penyelesaian terbilang cepat
karena puskesmas seririt 1 memiliki 38 orang pegawai, 3 orang dokter, 9 orang
perawat, dan 11 orang bidan.
|
|
Hak dan Kewajiban
|
+
|
Pasien memiliki hak untuk
mendapatkan
|
|
Pengaduan
|
Pasien yang ingin mengadu silakan
datang langsung ke Puskesmas seririt 1 dan menemui petugas yang ada. Namun
bulum ada kepastian siapa yang menerima pengaduan tersebut.
|
Tabel
2. Kategori pelayanan.
DASAR
|
Kategori
|
URAIAN
|
|
baik
|
buruk
|
||
Dasar Hukum
|
+
|
Sudah memiliki dasar hukum yang
berlaku
|
|
Maksud dan tujuan
|
+
|
Sudah jelas maksud dan tujuan
dari pelayanan tersebut
|
|
Sistem dan prosedur
|
+
|
Sistem dan prosedur sudah jelas
dan sudah dijalankan dengan baik
|
|
Persyaratan
|
+
|
Tidak memberatkan dan mempersulit
masyarkat yang ingin berobat dan sebagainya
|
|
Biaya Pelayanan
|
+
|
Sangat terjangkau dan bagi
pemilik pelayanan ASKES dan JAMKESMAS biaya pelayanan gratis
|
|
Waktu Penyelesaian
|
+
|
Cepat dan tidak terlalu lama menunggu
antrian. Karena memiliki para
medis yang lumayan banyak.
|
|
Hak dan Kewajiban
|
+
|
Sudah dilaksanakan dan sudah
diterpakan
|
|
Pengaduan
|
+
|
Belum ada kepastian dan kejelasan
siapa yang menerima pengaduan dari masyarakat/pasien tersebut.
|
BAB V
PENUTUP
5.2 Kesimpulan
Bahwa
Puskesmas seririt 1 telah menerapkan dengan
cukup baik
petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan public. Semua komponen petunjuk
pelaksanaan penyelenggaraan public telah dijalankan kecuali di komponen Pejabat penerima pengaduan pelayanan public
disana kurang jelas siapa yang menerima pengaduan dari masyarakat.
5.2 Saran
bahwa puskesmas seririt 1 adalah pusat kesehatan yang
berada disekeliling masyarakat yang strata pertama sehingga seharusnya selalu
menjaga dan menerapkan petunjuk penyelenggaraan pelayanan public yang telah
ditetapkan dengan baik.
Daftar Pustaka